Tanda Terjadinya Dehidrasi Terhadap Kulit

Tanda Terjadinya Dehidrasi Terhadap Kulit

Tanda Terjadinya Dehidrasi Terhadap Kulit

Kulit Memerah

Penyebab:  Tidak hanya kekurangan cairan dalam tubuh,  terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu minimal 15 menit saja kulit bisa mengalami dehidrasi.

Solusi: Segera hentikan aktivitas Anda di bawah sinar matahari dan beristirahatlah di ruangan yang sejuk. Minum cairan sebanyak mungkin untuk menggantikan air yang hilang dari tubuh Anda. Untuk mencegahnya, gunakan sunblock kapan saja dan di mana saja pada saat beraktivitas di luar ruangan. Kenakan pakaian berlengan panjang warna terang yang menyerap dan juga topi apabila memang harus berada di bawah sinar UV. Jika kulit masih memerah, gunakan obat antiradang golongan steroid yang memerlukan resep dokter ahli.

Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Penyebab: Berada di cuaca dingin di mana suhu dan kelembapan sangat rendah, berada di ruangan ber-AC terlalu lama, mandi dengan air panas terlalu sering sehingga menghancurkan lapisan lemak di permukaan kulit dan penggunaan sabun antiseptik yang tidak mengandung pelembap.

Solusi: Selain minum air putih 2 liter dalam sehari, disarankan menggunakan pelembap dan hindari mandi dalam waktu lama. Jika kulit sangat kering dan pecah-pecah, pelembap yang dijual bebas yang mengandung asam laktat dan urea dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Banyak mengonsumsi vitamin A dan B serta minuman berenergi yang mengandung sodium   cukup tinggi. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang memicu dehidrasi. Jika kulit menjadi pecah dan terbuka, diperlukan salep antibiotik dari dokter ahli untuk pencegahan infeksi.

Kulit Tidak Elastis

Penyebab: Kulit yang tidak elastis akan terasa ketat dan terdapat garis halus. Sudah pasti penyebabnya adalah kekurangan cairan. Garis halus   juga bisa timbul akibat kesalahan dalam pemakaian produk kosmetik, seperti pembersih dan produk untuk pengelupasan kulit.

Solusi: 
Hentikan penggunaan produk kosmetik yang keras atau yang memiliki kadar alkohol tinggi, bila kulit sedang mengalami dehidrasi. Minum air putih serta buah dan sayur yang memiliki kadar air tinggi, lalu oleskan kulit dengan minyak jagung atau minyak kembang matahari untuk melembapkan dan mengembalikan elastisitasnya.

Kulit Kerut (Penuaan Dini)

Penyebab:
Penggunaan sabun pembersih yang tidak tepat dapat dengan cepat membuang minyak pelindung dari kulit, khususnya muka. Demikian juga penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dan paparan sinar matahari.

Solusi: Selain  minum air putih, tambahkan nutrisi yang bermanfaat. Misalnya, teh hijau dengan kafein untuk melembapkan dan menjaga kulit dari dehidrasi. Kandungan antioksidannya yang tinggi sebagai dasar pertahanan tubuh terhadap radikal bebas.  Tambahkan masker (seperti masker apel dan avokad) atau pelembap wajah yang memang diformulasikan khusus untuk jenis kulit kering, lalu gunakan sabun non-detergent atau dengan pH netral. Jangan lupa,  gunakan selalu tabir surya bila beraktivitas di luar ruangan.

 

sumber : femina.co.id

Untuk informasi dan pemesanan produk kecantikan DR Rochelle Skin Expert silahkan hubungi :

Venny
+62818-082-00038
Pin BBM 24C41045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *